DASAR-DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM

  1. A.    Pengertian dan landasan pengembangan kurikulum
    1. 1.      Pengertian kurikulum
      1. Kurikulum sebagai jembatan untuk meraih ijazah

Karena kurikulum adalah sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh oleh siswa untuk memperoleh ijazah.

  1. Kurikulum sebagai mata dan materi pelajaran

Kurikulum terdiri dari mata pelajaran yang telah disusun berdasarkan pengalaman gnerasi terdahulu.

  1. Kurikulum sebagai rencana kegiatan belajar

Kurikulum adalah merupakan program pendidikakn yang disediakan oleh sekolah untuk siswa.Melalui program yang direncanakan itu siswa melakukan berbagai macam kegiatan belajar,sehingga mendorong perkembangan sesuai tujuan pendidikan yang telah ditentukan.

  1. Kurikulum sebagai hasil belajar

Kurikulum adalah upaya menyeluruh yang direncanakan oleh setiap sekolah untuk membimbing siswa dalam pembelajaran kearah hasil pembelajaran yang ditentukan sebelumnya.

  1. Kurikulum sebagai pengalaman belajar

Kurikulum adalah segala pengalaman yang direncanakan dan disediakan oleh sekolah untuk membantu siswa dalam pencapian hasil belajar yang diinginkan menjadi kemampuan mereka yang terbaik.

  1. 2.      Landasan pengembangan kurikulum
    1. Landasan filosofis

Filsafat suatu Negara atau pandangan hidup suatu bangsa berisi ide-ide,cita-cita,system nilai yang harus dipertahankandemi kelangsungan hidup bangsa.Di Indonesia pandangan hidup bangsa adalah PANCASILA,dengan demikian penyelenggaraan pendidikan secara resmi diarahkan untuk membentuk manusia Indonesia yang ber-PANCASILA.

  1. Landasan Sosial-Budaya-Agama

Di Indenesia penyusunan dan pengembangan kurikulum sekolah-sekolah mulai dari TK sampai PT perlu mempertimbangkan landasan-landasan social-budaya-agama yang hidup dan berkembang di Indonesia.Dengan dmikian anak setelah tamat dari sekolah yang bersangkutan tidak akan canggung lagi menyesuaikan diri dengan lingkungan social-budaya-agamanya masing-masing.

  1. Landasan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni

Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan hasil budi daya manusia sejak dahulu sampai sekarang,yang makin lama makin maju,maka dalam penyusunan pengembangan kurikulum perlu mempertimbangkan landsan ilmu pengetahuan dan teknologi

  1. Landsan kebutuhan manusia

Karena anak akan hidup dalam masyarakat,maka anakpun harus dipersiapkan untuk terjun di masyarakat denga dibekali kemampuan dan ketrampilan yang dibutuhkan masyarakat.

  1. Landasan perkembangan masyarakat

Didalam masyarakat terdapat bemacam-macam lembaga social yang masing-masing memiliki kekuatan untuk tumbuh dan berkembang.Ini semua memberikan pengaruuh dan perludipertimbangkan dalam rangka pembinaan dan pengembangan kurikulum.Sehingga sejalan dengan sifat dinamis dalam masyarakat yang selalu berkembang.

 

  1. B.     Komponen dan Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum
    1. 1.      Komponen-komponen kurikulum
  • Komponen tujuan:
  1. Tujuan institusional

Adalah tujuan yang ingin dicapai oleh sekolah secara keseluruhan meliputi aspek;pengetahuan,ketrampilan,sikap dan nilai

  1. Tujuan kurikuler

Adalah tujuan yang ingin dicapai oleh setiap bidang studi dalam kurikulum,mencangkup aspek;pengetahuan,ketrampilan,sikap,dan nilai

  1. Tujuan instruksional

Merupakan penjabaran dari tujuan kurikulerdan pencapianya di bebankan kepada tiap pokok bahasan.

  • Komponen isi:

Isi kurikulum adalah segala sesuatu yang diberikan kepada anak dalam kegiatan belajar mengajar dalam rangka mencapai tujuan,agar dengan demikian siswa memperoleh pengalaman belajar.

  • Komponen metode atau proses belajar mengajar

Adalah bagaimana cara siswa memperoleh pengalaman belajar untuk mencapai tujuan metode kurikulum berkenaan dengan proses pencapaian tujuan.

  1. 2.      Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum
  • Prinsip relevansi

Yang dimaksud dalam dunia pendidikan adalah adanya kesesuaian antara hasil pendidikan dengan tuntutan kehidupan yangada di masyarakat.

  • Prinsip kontinuitas

Prinsip ini maksudnya adanya saling hubungan antara saling hubungan antara berbagai tingkat dan jenis program pendidikan,terutama mengenai bahan pelajaran

  • Prinsip fleksibilitas

Yang dimaksud fleksibilitas adanya semacam ruang gerak yang memberikan sedikit kebebasan dalam bertindak.

 

  1. C.    Model-model pengembangan kurikulum

1.)    Model pengembangan kurikulum menurut Rogers

  1. Model 1

Menggambarkan bahwa kegiatan pendidikan semata-mata terdiri dari kegiatan memberikan informasi dan ujian dan evaluasi.

  1. Model 2

Merupaknan penyempurnaan dari model 1 dengan menambahkan komponen metode dan organisasi bahan pelajaran.

  1. Model 3

Pengembangan kurikulum model 3 merupakan penyempurnaan dari model 2,dengan menambahkan unsure teknologi pendidikan kedalamnya.

  1. Model 4

Pengembangan kurikulum model 4 ini merupakan penyempurnaan dari model 3 dengan memasukkan unsur tujuan kedalamnya.

2.)    Model pengembangan kurikulum menurut Zais

  1. Model Administratif

Biasa disebut “garis dan staf”.Kegiatan pengembangan kurikulum ini dimulai dari pejabat pendidikan yang berwenang,yang membentuk panitia pengarah yang terdiri dari pengawas pendidikan,kepala sekolah dan staf pengajar inti.

  1. Model dari bawah

Inisiatif pengembangan kurikulum ini berasal dari bawah yaitu dari para pengajar yang merupakan pelaksana kurikulum sekolah.

  1. Model Beauchamp

Keutusan dalam model ini meliputi 5 langkah:

  1. Menentukan arena pengembangan kurikulum
  2. Memilih kemudian mengikut sertakan para pengembang kurikulum
  3. Mengorganisasi dan menentukan prosedur perencanaan kurikulum
  4. Menerapkan atau melaksanakan kurikulum secara sistematis
  5. Melakukan penilaian kurikulum yang telah dan sedang dilaksanakan
  6. Model terbalik Hilda-Taba

Pengembangan kurikulum ini melalui 5 tahap:

  1. Menyusun unit-unit kurikulumyang akan di ujicobakan
  2. Mengujicobakan
  3. Menganalisis dan merevisi hasil ujicoba
  4. Menyusun kerangka kerja teoritis
  5. Menyusun kurikulum secara menyeluruh dan mendesiminasikan.

 

DAFTAR PUSTAKA

Ansyar,M.(1989).Dasar-Dasar Pengembangan kurikulum.Diperbanyak Oleh P2LPTK Depdikbud,Jakarta.

Ansyar,M.&Nurtain.(1991).Ppengembangan dan Inovasi Kurikulum.Diperbanyak oleh P2LPTK Depdikbud,Jakarta.

Nasution ,S.(1989).Kurikulum danPengajaran Jakarta:Bina aksara.

Nurgiyantoro,B.(1988).Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum sekolah(Sebuah Pngantar Teoritis dan Pelaksanaan)Yogyakarta:Balai Penerbit Fakultas as Ekonomi UGM.Hlm.1-18.

Wiryokusumo,I.&Mulyadi,U.(1988).Dasar-Dasar Pengambangan Kurikulum.Jakarta:Bina Aksara.Hlm.1-27.

Ibrahim,R dan Benny Karyadi.(1990).Pengembangan Inovasi dan Kurikulum.Jakarta:Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Soetopo,N. dan Sumanto,W.(1986).Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum.Jakarta:Bina Aksara.